Puri Saren Ubud (Ubud Palace)

Ubud berada di dataran tinggi sekitar 300 meter di atas permukaan laut, cuaca yang sejuk serta keadaan desa yang cantik menjadikan inspirasi bagi siapapun yang datang mengunjunginya. Ubud sendiri telah menjadi kota kerajaan selama lebih dari seratus tahun dimana sampai saat ini sang raja yang bergelar “Tjokorda atau Agung” beserta keluarganya masih tinggal di istana tradisional yang bernama “puri” dan dikenal dengan sebutan Puri Saren Ubud. Adapun letak dari Puri Saren itu sendiri yaitu di jalan utama Ubud, Gianyar, Propinsi Bali.

Puri Saren Ubud (Ubud Palace) merupakan istana kerajaan Ubud Bali yang indah dengan rumah-rumah tradisional sebagai tempat kediaman Raja Ubud. Keberadaan puri ini menunjukkan jiwa serta identitas dari Desa Ubud itu sendiri. Meskipun sistem feodal telah lama ditinggalkan namun peran Tjokorda masih sangat berarti bagi masyarakat Ubud. Meskipun tidak ada kekuasaan formal para bangsawan Ubud masih menghargai perintah semata-mata karena keturunan mereka.

Saat ini Ubud Palace bertindak sebagai repositori budaya tradisional yaitu sebagai pelindung utama seni, tari musik dan sastra Bali. Keberadaan Pura Saren Ubud di daerah yang beriklim sejuk ini sarat dengan benda-benda berestetika tinggi, disamping bentuk bangunan tradisionalnya yang menawan dan artistik, menjadikan pura ini mampu memberikan ketenangan bagi siapapun yang mengunjunginya. Pura ini dilengkapi juga dengan auditorium/wantilan sebagai tempat pertemuan.

Ubud Palace dibuat oleh Ida Tjokorda Putu Kandel yang memerintah pada tahun 1800-1823 Masehi, dan tetap terjaga sampai saat ini.

Dikarenakan letak Puri Saren ini di jalan utama Ubud, maka secara otomatis segala bentuk usaha yang berada di jalan utama ini menjadi fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang, contohnya; restaurant, bungalow, toko souvenir, money changer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Puri Saren Ubud berjarak 22 km dari Kota Denpasar Bali sehingga hanya dalam waktu 35 menit perjalanan, anda akan tiba di tempat wisata ini.

Puri Saren Ubud menjadi salah satu bukti akan tetap terpeliharanya warisan Sejarah dan Budaya Ubud Bali, dimana masyarakatnya senantiasa melestarikan alam dan adat istiadat mereka dalam upacara keagamaan secara santun.

Komentar