Puri Anyar Kerambitan

Puri Anyar Kerambitan terletak di Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, 7 km dari kota Tabanan. Jarak tempuh ke lokasi ini kira-kira 28 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 80 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali bila menggunakan kendaraan bermotor.

Puri Anyar Kerambitan merupakan istana kerajaaan Tabanan yang dibangun pada abad ke 17 dengan bentuk bangunan berciri khas Bali dan masih terawat baik. Saat ini puri tersebut masih didiami oleh generasi kesembilan dari dinasti kerajaan Tabanan. Terdapat peninggalan purbakala dan lukisan-lukisan terkenal yang dibuat pada saat itu. Puri Anyar Kerambitan terbagi kedalam beberapa pelebahan diantaranya; cangkem kodok, bencingah puri, jaba tengah, tandakan puri, saren agung dan pemerajan agung. Areal suci di Puri Anyar Kerambitan ini adalah merajan agung dengan dekorasi unik berupa piring-piring kuno yang berasal dari Belanda dan Cina

Keunikan lain dari puri ini adalah adanya kegiatan pagelaran kesenian Tektekan, Joged Bumbung, Andir dan Leko yang dilengkapi dengan penyambutan dan penyuguhan santap malam ala puri atau kerajaan sesuai dengan pesanan para tamu yang datang.

Banyak orang terkenal yang datang kesini antara lain; King Hussein, Prince Bartiel of Sweden, Kurt Waldheim, Mick Jagger, David Bowie. Ini bisa terlihat dari foto-foto yang terpajang pada ruang tamu puri

Puri ini berada di area seluas satu setengah hektar. Awal mula dibukanya puri ini untuk mendukung kepariwisataan di Kabupaten Tabanan tahun 1967. Bermula dari ide bapak Agung Ngurah Oka Silagunadha (generasi kesembilan Raja Tabanan) membuat program penyambutan dan penyuguhan santap malam kepada tamu yang datang ala tamu kerajaan yang di iringin dengan kegiatan kesenian. Beberapa bulan kemudian setelah puri ini dibuka untuk umum banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi Puri Anyar Kerambitan. Di antara tamu yang datang terdapat kru dari radio BBC London, televisi Perancis, televisi Jepang dan beberapa wartawan dari Eropa. Sejak saat itu Puri Anyar Kerambitan menjadi populer di manca negara untuk kunjungan wisata, acara budaya dan makan malam.

Masyarakat sekitar pada rata-rata bermata pencaharian sebagai petani, namun sejak puri ini buka untuk umum berdampak fositif terhadap perekonomian. Fasilitas yang terdapat di area puri; tempat parkir dan toilet, sedangkan untuk akomondasi anda bisa menyewa kamar yang berada dilingkungan puri.

Bila anda berkunjung ke Bali dan ingin disambut ala Raja datanglah ke Puri Anyar Kerambitan ini.

(sumber: Bpk. Agung Ngurah Oka Silagunadha)

Komentar