Pasar Ubud

Sejak dulu kawasan Ubud Bali dikenal sebagai tempat para seniman berkarya, dimana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai penghasil kerajinan tangan dan karya seni lainnya. Pasar Ubud menjadi tempat diperjual belikannya semua hasil-hasil karya seniman dan pengrajin tersebut. Pasar Ubud yang selalu ramai dikunjungi oleh turis asing maupun domestik ini terletak di Jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali.

Pasar Ubud tidak berbeda dengan pasar lainnya, pasar yang terbagi menjadi dua bagian ini merupakan denyut nadi bagi perekonomian masyarakat Ubud khususnya. Bagian barat pasar digunakan untuk pasar seni tradisional yang buka setiap hari dari pukul 08 pagi hingga 06 sore waktu setempat, sedangkan di bagian timur dijual barang kebutuhan sehari-hari dan mulai beroperasi sejak jam 4 subuh hingga menjelang tengah hari. Adapun pasar yang berada di bagian timur ini memiliki keunikan tersendiri dimana hampir semua para pedagang sayur dan buah menggunakan payung dari anyaman bambu berbentuk bujur sangkar dan persegi panjang.

Sedangkan di pasar seni dijual aneka cinderamata dan oleh-oleh khas Bali dengan harga relatif murah karena para pedagang disini mengambil langsung barang dagangan mereka dari para pengrajin. Beraneka ragam hasil kerajinan khas Bali dijual disini, mulai dari sandal, tas, pakaian, tikar, lukisan, dan masih banyak lagi. Adapun barang kerajinan yang dijual di Pasar Ubud ini dibuat langsung oleh penduduk sekitar, sehingga barang dagangan yang ada di tempat ini tidak dijual di tempat lain.

Untuk kenyamanan pengunjung maka dibuatlah fasilitas toilet dan area parkir yang memadai.

Pasar Ubud berjarak sekitar 19 km dari Kota Denpasar Bali sehingga dalam waktu kira-kira 25 menit perjalanan anda akan tiba di pasar ini.

Rasanya kurang lengkap bila datang ke Bali tidak mengunjungi pasar ini, karena bagi anda yang baru pertama kali barkunjung ke Pasar Ubud pasti akan betah berada lama disini. Mata anda akan dimanjakan dengan aneka hasil kerajinan yang unik, menarik, serta memiliki ciri khas tersendiri.

Komentar