Mandala Wisata

Mandala Wisata Berada di sebelah barat Objek Wisata Taman Ayun, terletak di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Mandala Wisata merupakan salah satu objek wisata digunakan sebagai tempat untuk kegiatan penerangan wisata, peragaan kesenian dan kebudayaan. Di dalamnya terdapat museum Manusa Yadnya yang memuat perjalanan ritual kehidupan manusia Hindu di Baliyang berbentuk miniatur visualisasi dari berbagai jenis banten upacara/keagamaan Manusia Yadnya dari bayi berumur 6 bulan dalam kandungan, bayi baru lahir, bayi baru berumur 12 hari, bayi berumur 42 hari, bayi berumur 3 bulan, bayi berumur 6 bulan, upacara menginjak dewasa, upacara potong gigi, upacara perkawinan, upacara ngaben, memukur yang dilengkapi dengan wadah dan lembu dipakai dalam upacara ngaben dan Jan Trajangnya.

Mandala Wisata dibangun oleh pemerintah tahun 1974 untuk mendukung sektor kepariwisataan dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Jarak tempuh ke lokasi ini kira kira 16 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 45 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bila menggunakan kendaraan bermotor.

Fasilitas yang tersedia di Mandala Wisata antara lain: Wantilan (pendopo), Art Shop, panggung terbuka ukuran kecil, panggung terbuka ukuran besar, toilet, informasi center, restaurant, tempat parkir dan pemandu wisata.

Bila anda berkunjung ke Bali dan ingin melihat perjalanan ritual kehidupan umat Hindu. Datanglah ke Mandala wisata ini. (Diparda Kab. Badung)

Komentar