Kebun Binatang Bali

Seperti kita ketahui bahwa kebun binatang selalu ada di tiap propinsi di Indonesia, termasuk di Pulau Seribu Pura yaitu Bali. Kebun binatang Bali atau dengan nama lain Bali Zoo, terletak di Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Kebun binatang Bali adalah objek wisata pendidikan alam yang pertama dan satu-satunya di Bali, serta merupakan tempat perlindungan atau konservasi bagi binatang-binatang terbaik dan langka di Indonesia maupun dari negara-negara lain.

Memasuki Bali Zoo, pengunjung akan menikmati sebuah petualangan dalam hutan yang menyenangkan dimana anda akan melihat binatang dari dekat juga menikmati keindahan panorama alam karena disini banyak tumbuh tanaman tropis. Tak hanya itu, pengunjung yang datang akan disambut dengan auman suara Singa Afrika, lucunya tingkah laku dari hewan-hewan primata, besarnya Buaya Australia, Sapi India, kicauan merdu aneka jenis burung dan masih banyak lagi hewan-hewan lainnya. Selain itu di kebun binatang ini anda dapat melakukan beberapa kegiatan antara lain: melihat sang pawang memberi makan hewan-hewan predator, melakukan tour ke seluruh area kebun binatang karena di kawasan ini pula pengunjung dapat menyaksikan gambaran kehidupan sosial masyarakat Bali yang artistik, pekerja keras dan mempunyai keterampilan untuk membuat aneka kerajinan diantaranya dari bahan baku perak, kayu serta lainnya. Di tempat ini anda dapat pula melakukan wisata outbound seperti flying fox, bejalan diatas jejaring, serta berfoto bersama binatang.

Kebun Binatang Bali dibuat pada bulan September 2002, diatas lahan seluas 3.5 hektar. Kebun binatang ini bekerja sama dengan Kebun Binatang Surabaya dalam bentuk surplus atau pertukaran binatang yang telah dilakukan dua kali yaitu pada tahun 2003 dan 2006.               

Untuk memaksimalkan kenyamanan wisatawan yang datang maka pihak manajemen Bali Zoo melengkapinya dengan berbagai fasilitas seperti seperti: bungalows, restaurant, café, toko cinderamata, toilet, serta area parkir yang luas bagi bus-bus wisata.

Adapun jarak tempuh antara Kebun Binatang Bali dengan Kota Denpasar adalah 12    km, membuat anda dapat mencapainya hanya dalam waktu 25 menit saja.

Bali Zoo bukan hanya sekedar objek wisata biasa namun tempat ini sarat akan edukasi tentang flora dan fauna, sehingga pantaslah kiranya jika dijadikan sebagai tempat liburan favorit bagi keluarga anda.

Komentar