Kawasan Luar Puncak Tedung

Lokasi Kawasan luar Pura Puncak Tedung terletak di Banjar Kertha Desa Petang, Kabupaten Badung. Berada diketinggian 730,77 m dari permukaan laut yang dapat di tempuh sekitar 2 jam dengan berjalan kaki dari lokasi parkir.

Kawasan Luar Pura Puncak Tedung berada atas dataran tinggi dan memiliki panorama yang indah menawan juga berhawa sejuk. Dari tempat ini akan terlihat pemandangan Bali bagian timur, barat dan selatan. Tempat ini saat menarik dan cocok untuk dijadikan objek wisata spiritual bagi para wisatawan yang senang ketenangan dan kedamaian. Kawasan Pura Puncak tedung merupakan tempat yang patut di kunjungi.

Menurut cerita turun-temurun dari masyarakat setempat, dulunya kawasan ini merupakan tempat peristirahatan Dang Hyang Nirartha saat melakukan perjalanan dari Pulaki menuju Bali bagian Timur. Saat akan melanjutkan perjalanan tedung (tedung dalam bahasa Bali artinya Payung) beliau tertinggal ditempat peristirahatan tersebut. Tedung (payung) yang di tinggal itu pada malam harinya bersinar dan terlihat oleh masyarakat sekitar, karenakan dianggap mempunyai kekuatan magis dan merupakan peninggalan dariDang Hyang Nirartha maka kejadian tersebut dilaporkan ke Raja Mengwi yang berkuasa saat itu. Setelah Raja Mengwi melihat lalu memerintahkan masyarakat setempat untuk mendirikan Pelinggih/ tempat pemujaan berupa meru tumpang tiga sebagai penghormatan terhadap jasa Dang Hyang Nirartha. Sejak itu, tempat dimana Tedung (payung) Dang Hyang Nirartha yang tertinggal diabadikan menjadi namakan Pura dan kawasan ini.

Penduduk sekitar bermata pencaharian sebagai petani sayur-sayuran ini terlihat saat akan menuju kawasan objek wisata terdapat lahan-lahan yang ditanami sayuran seperti: wortel, kentang, col, bawang dan lain lain.

Jarak tempuh ke lokasi ini kira kira 37 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 70 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali menggunakan kendaraan bermotor.

Terdapat fasilitas umum di area Pura Puncang Tedung berupa: toilet, kamar mandi dan balai wantilan atau disebut juga balai pertemuan.

Berbagai legenda dan cerita menarik mewarnai setiap objek wisata di Bali. Jadi jika anda datang pulau Dewata ini, sempatkan diri berkunjung ke kawasan luar Pura PuncangTedung ini.  (Sumber: Diparda Kab. Badung)

Komentar