Desa Pejeng

Bali Bali terkenal sebagai salah satu pulau yang banyak memiliki objek wisata dan situs purbakala warisan dunia. Beberapa warisan purbakala tersebut terdapat di Desa Pejeng yang terletak di Kabupaten Gianyar.

Desa Pejeng mempunyai ciri khas tersendiri dan memiliki nilai sejarah yang tinggi dari desa lain yang ada di Bali. Selain keadaan lingkungan desa yang masih asri, di desa ini juga banyak ditemukan berbagai peninggalan sejarah dari zaman Bali kuno.

Adapun peninggalan purbakala yang terdapat di Desa Pejeng ini antara lain: Pura Kebo Edan, Pura Pusering Jagat, Patung Arjuna Metapa, Pura Penataran Sasih, pura ini merupakan pura tertua di Bali dan berusia 2200 tahun, Museum Arkiologi dan Gedong Arca. Bila kita telusuri masuk ke dalam Desa Pejeng ini maka akan di jumpai berbagai situs bersejarah, seperti Pura Pengukur-ukuran, Goa Garba yang berada ditepi sungai Pakerisan yang legendaris.

Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang kesini untuk melihat situs warisan dunia ini, ada yang menggunakan kendaraan bermotor atau bersepada sambil menikmati suasana alam pedesan Pejeng ini.

Bila diperhatikan sebagian besar penduduk Desa Pejeng ini bermata pencaharian sebagai petani, ini bisa terlihat dari masih banyaknya sawah yang ada disekitar lokasi.

Jarak tempuh yang diperlukan untuk bisa sampai di Desa Pejeng ini kira-kira 28 km dengan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan dari Kota Denpasar.

Desa Pejeng merupakan salah satu desa kuno di Bali dan bila anda ingin melihat peninggalan purbakala Raja- raja Bali tersebut jadikan desa ini menjadi tujuan wisata anda.

Komentar