Desa Beng

Bila anda berkunjung ke Bali tidaklah berkesan tanpa membawa cindramata, berbagai cindramata dan oleh-oleh ciri khas Bali ini sangat digemari dan menjadi buah tangan yang berkesan untuk kolega, teman dan keluarga. Dari sekian banyak cindramata yang ada satu diantaranya adalah Baju Barong yang dibuat di Desa Beng, Kabupaten   Gianyar.

Desa Beng merupakan pusat tempat pembuatan Baju Barong yang sangat terkenal itu. Di desa ini wisatawan yang datang dapat melihat langsung proses pembuatan Baju Barong, proses pembuatan mulai dari memotong kain, mewarnai sampai membuat gambar.

Teknik pembuatan Baju Barong ini saat sederhana dan masih menggunakan cara lama. Bahan yang digunakan untuk membuat Baju Barong ini adalah kain Rayon, awal pembuatan di potong sesuai ukuran, lalu diwarnai Baju Barong tersebut dijemur terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, setelah kering Baju Barong ini baru dilukis, bagi pengrajin atau pelukis yang sudah terbiasa mengerjakan dalam satu hari bisa mencapai 150 potong.

Baju Barong yang diproduksi di Desa Beng ini dipasarkan ke pasar Sukawati dan pusat oleh-oleh yang terdapat di Propinsi Bali serta ada juga permintaan dari luar daerah seperti Jakarta dan Surabaya bahkan sampai keluar negeri seperti Belanda dan Australia.

Pembuatan Baju Barong ini dilakukan secara turun temurun oleh penduduk Desa Beng, pada awalnya hanya beberapa penduduk saja yang mengerjakan, di karenakan permintaan pasar yang kian meningkat akhirnya banyak penduduk desa ini beralih profesi sebagai pembuat Baju Barong dan salah satunya adalah Bapak Pande Ketut Sudarsana.

Jarak tempuh yang diperlukan untuk bisa sampai di Desa Beng ini kira-kira 25 km dengan waktu kurang lebih 35 menit dari Kota Denpasar.

Bagi anda yang berkunjung ke pulau Dewata dan ingin melihat serta membeli Baju Barong ciri khas Bali dapat langsung datang Ke Desa Beng ini.

Komentar