Bukit Jati Gianyar

Keindahan objek-objek wisata di Bali membuat siapapun yang datang ke pulau ini selalu terkenang dan ingin kembali lagi untuk melihat panorama alam serta atraksi-atraksi budaya yang ada. Hampir di setiap penjuru Pulau Dewata ini memiliki keunikan dan pesona alam yang luar biasa sehingga layak menjadi tujuan wisata, contohnya daerah Bukit Jati Gianyar yang terletak di Desa Samplangan, Gianyar, Bali.

Kawasan wisata Bukit Jati menawarkan pemandangan yang alami dengan iklim yang sejuk, hal ini membuat pengunjung yang datang enggan beranjak dari tempat ini. Daerah ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan berkemah, bahkan dari puncak bukit ini juga anda dapat melihat Kota Gianyar. 

Di sekitar kawasan Bukit Jati ini terdapat gedung serbaguna yang diperuntukkan sebagai tempat pementasan berbagai jenis kesenian, antara lain: seni tari, tabuhan dan gamelan, serta pementasan bela diri.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat kolam renang yang airnya sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan lengkap dengan taman bermain. Bukit Jati ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari-hari libur dan hari raya keagamaan.

Semula Bukit Jati ini merupakan tempat sembahyang bagi umat Hindu yang ada di sekitar, namun seiring dengan perkembangan sektor pariwisata di Bali akhirnya daerah ini dijadikan objek wisata alam oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar.

Kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar kawasan ini sebagian besar bertumpu kepada sektor pertanian dan perkebunan, hal ini jelas terlihat dari banyaknya kebun jati serta luasnya area persawahan.

Untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengunjung yang datang maka objek wisata ini telah difasilitasi dengan akses yang sangat mudah dijangkau, dan beberapa fasilitas lain seperti: toilet, balai pertemuan, warung penjual makanan dan minuman serta area parkir yang luas.

Bila anda ingin berkunjung kesini maka waktu yang anda perlukan adalah sekitar 40 menit dengan jarak tempuh 27 km dari Kota Denpasar Bali.

Gianyar menyimpan banyak pesona wisata, tak hanya keindahan pantai dan keagungan pura yang terdapat di kabupaten ini namun ada juga objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan Bukit Jati termasuk salah satu diantara objek wisata yang memiliki nuansa tersendiri bagi siapapun yang datang ke Pulau Bali.  

Komentar